Pentingnya Bershalawat

اللّهمّ صلِّ على محمّد وعلى آل محمّد

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad

Sebentar lagi kita akan memasuki tanggal yang sangat istimewa bagi umat islam yaitu tanggal 12 Robi’ul Awal yang merupakan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Pada bulan Robi’ul Awal, kita sebagai umat islam dianjurkan untuk mengingat/napak tilas sejarah kehidupan Nabi kita Muhammad SAW dan membaca shalawat kepadanya.

Bershalawat berarti mendoakan Rosulullah agar senantiasa mendapatkan rahmat dan salam dariNya. Kenapa masih kita doakan ? Alasannya adalah sebagai bukti kecintaan kita kepada Nabi Muhammad yang telah memperjuangkan islam sampai akhirnya nikmat islam bisa kita rasakan. Selain itu, ibarat suatu gelas yang sudah penuh dengan air dan terus diisi. Maka tumpahan air sebagai rahmat dan salam tersebut diharapkan bisa sampai kepada kita, sehingga kita diakui sebagai umat beliau dan di yaumil kiamat nanti kita mendapatkan syafaat dari beliau.


Shalawat merupakan perintah dari Allah secara langsung, firman Allah :

إِنَّ اللَّهَ وَ مَلَئكتَهُ يُصلُّونَ عَلى النَّبىّ‏ِ يَأَيهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صلُّوا عَلَيْهِ وَ سلِّمُوا تَسلِيماً

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi; wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu kepadanya dan ucapkan salam kepadanya.” (Al-Ahzab/33: 56)

Sabda Rasulullah SAW : “Bershalawatlah kamu kepadaku, karena shalawatmu itu menjadi zakat penghening jiwa pembersih dosa) untukmu.” (H.R. Ibnu Murdaweh, Al-Jami’)

Sudah jelas bahwa shalawat merupakan bagian dari iman yang bernilai ibadah. Shalawat memiliki fadilah yang sangat besar, bahkan didalam adab berdoapun kita harus mengawali dan mengakhiri dengan shalawat.

Dalam suatu keterangan dijelaskan bahwa “Sepelit-pelitnya orang pelit, adalah orang yang ketika mendengar Shalawat dan Salam untuk Nabi Muhammad diucapkan, dia tidak menjawabnya.” Keterangan yang lain bahwa “Tidak berkah apabila dalam suatu pertemuan/majlis tidak diawali dengan memuji Allah dan bershalawat terhadap Rasulullah SAW”

Semoga kita senantiasa menjadi ummat yang tidak bosan dan selalu senang membaca shalawat. Semoga kita diakui sebagai umat Nabi Muhammad dan mendapat syafaatnya di hari akhir nanti. aamiin ya Rabb

Referensi :
-Khutbah jum’at 27 Januari 2012 di masjid Matraman
-Ustadz Yusuf Mansyur
-Google

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s