Puasa dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dari sekian banyak anugerah yang telah Allah SWT berikan kepada hamba-Nya secara gratis dan Cuma-cuma tetapi banyak yang menyia-nyiakannya adalah nikmat kesehatan. Sehat itu amatlah mahal harganya, tidak dapat dibeli dengan nilai uang seberapapun jumlahnya. Sehat itu tidak dapat diwarisan. Makna dan nilainya jauh lebih berharga dibandingkan dengan warisan yang paling berharga sekalipun.

Orang kaya dengan harta berlimpah dapat saja membeli apa yang inginkan, tetapi tidak akan sanggup membeli jaminan harga sehat bila ia sudah terserang penyakit yang sangat kronis misalnya. Walaupun bisa saja penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan berbagai pengobatan dan peralatan yang super canggih, akan tetapi kesehatan jasmaninya tidak akan seprima seperti sedia kala sebelum dia sakit.
Oleh karena itu selagi nikmat sehat masih bersama kita, mari maksimalkan untuk menjaganya dengan memperhatikan hal-hal yang dapat membuat badan kita agar tetap merasa sehat dan bugar. Diantara hal yang dapat membuat badan kita sehat adalah dengan melaksanakan puasa.
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim bahwa Rasulullah SAW bersabda yang salah satunya menyebutkan : “Pergunakanlah lima hal sebelum datangnya lima hal … yakni masa sehatmu sebelum masa sakitmu…”

Puasa bukan sekedar kegiatan keagamaan yang wajib dilakukan umat Muslim. Dalam ilmu medis melalui berbagai penelitian ilmiah dan terperinci terhadap organ tubuh manusia serta aktivitas fisiologisnya, peneliti menemukan bahwa puasa, secara jelas adalah sesuatu yang sebaiknya dilakukan oleh tubuh manusia sehingga ia bisa terus melakukan aktivitasnya dengan baik. Karena dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa puasa memberikan efek luar biasa bagi peningkatan kesehatan tubuh.

Pentingnya puasa bagi tubuh karena puasa bisa membantu badan dalam membuang sel-sel yang sudah rusak, sekaligus membuang sel-sel atau hormon atau pun zat-zat yang melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh. Dan puasa, sebagaimana dituntunkan oleh agama Islam, lamanya adalah rata-rata 14 jam, kemudian baru makan untuk durasi waktu beberapa jam.

Ini adalah metode yang bagus untuk sistem pembuangan sel-sel atau hormon yang rusak dan membangun kembali badan dengan sel-sel baru.
Firman Allah SWT :
“Dan andai kalian memilih puasa tentulah itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui” (Q.S. Al-Baqarah : 184)
Hadits riwayat Imam Nasaa’I dari Sahabat Abu Umamah:
“Wahai Rasulullah, perintahkanlah kepadaku satu amalan yang Allah akan memberikan manfaat-Nya kepadaku dengan sebab amalan itu”. Maka Rasulullah bersabda,”Berpuasalah, sebab tidak ada satu amalan pun yang setara dengan puasa”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s