Ramadhan Berlalu

Hari ini Sabtu 18 Agustus 2012 merupakan hari terakhir umat muslim menjalankan puasa Ramadhan 1433 H. Waktu berjalan begitu singkat, dan tiba-tiba Ramadhan akan berlalu. Semua muslim yang tau akan berkah dan rahmat Ramadhan, pasti akan merasakan kehilangan yang amat sangat dalam.

Bagaimanapun Ramadhan adalah bulan untuk memanen amal untuk persiapan bulan-bulan berikutnya. Di dalamnya amalan sunah bernilai seperti amalan wajib di luar bulan Ramadhan, dan setiap amalan wajib dikalikan 70 kali lipat. Didalamnya ada satu malam yang nilai kemuliaanya sama dengan 1000 bulan. Beruntunglah kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW yang usianya pendek jika dibanding usia umat Nabi-nabi sebelumnya tetapi bisa menanam amal sama dengan atau lebih banyak dari mereka.

“Ya Allah janganlah jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, jadikanlah puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata. Semoga perpisahanku dengan bulan Ramadhan ini bukanlah perpisahan untuk selamanya dan bukan pula akhir pertemuanku. dengan demikian aku dapat kembali bertemu pada tahun mendatang dalam keadaan penuh keleluasan rezeki dan keutamaan harapan” . Dari Aisyah, dia berkata “ketika tiba sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah mengencangkan sarungnya, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya”‘ (HR. Bukhari-Muslim)

Begitulah seharusnya yang kita lakukan sebagai seorang muslim.
Mari manfaatkan hari terakhir Ramadhan ini untuk menjalankan amalan-amalan mulia. Ketika Ramadhan telah berlalu nanti, semoga amalan-amalan yang biasa dilakukan di dalam Ramadhan bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin. Kira-kira seperti itulah muslim yang puasa Ramadhannya mabrur.

Taqabbalallahu minna wa minkum (semoga Allah menerima amal kami dan kalian) atau ahaalAllahu ‘alaika (Mudah-mudahan Allah memberi balasan kebaikan kepadamu) dan semisalnya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s